Selasa, 27 Desember 2022, Kementerian Sosial melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, melaksanakan penyaluran Bantuan Barang Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 32 lanjut usia di Kota Magelang. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil Asesmen Terintegrasi Sentra Antasena Magelang yang dilaksanakan di Kota Magelang beberapa waktu lalu.

Penerima bantuan ATENSI adalah lanjut usia yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan belum menerima program bantuan dari Kementerian Sosial, sedangkan di Kota Magelang mendapatkan alokasi 32 lansia.  Bantuan Program ATENSI yang disalurkan berupa sembako dan alat keberihan diri, terdiri dari : minyak goreng, sarden ABC, abon ayam, kecap, teh celup, anlene gold, madu, wafer tango, roma kelapa, minyak kayu putih, minyak gosok, balsam, nice facial tissue, pasta gigi, detergen, sikat gigi, sampo, sarung, handuk, dan beras super 10 kg.

Kepala Dinas Sosial Kota Magelang, Bambang Nuryanta, S.E.,M.M menyampaikan ATENSI bertujuan untuk mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar, melaksanakan tugas dan peranan sosial, serta mengatasi masalah dalam kehidupan”.

Dukungan pemenuhan kebutuhan dasar adalah salah satu implementasi ATENSI untuk mewujudkan lanjut usia mencapai keberfungsian sosialnya. Dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak adalah harapan bagi setiap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

ATENSI juga sebagai komitmen bersama dalam mendukung kesejahteraan sosial bagi PPKS dan wujud kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat Kota Magelang. Dengan layanan ATENSI masyarakat semakin merasakan kehadiran pemerintah, dimana  dukungan, sinergitas dan kolaborasi dengan stakeholder akan semakin kokoh dalam mewujudkan layanan kelompok rentan.

(Dwi Ambar Pratiknyo,S.Sos,MPSSp/Penyuluh Sosial Ahli Muda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *