Selasa, 20 Desember 2022, bertepatan dengan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Ke 65 Tahun 2022 bertempat di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Walikota Magelang dilaksanakan Program Menuju Lansia Hebat sebagai wujud kolaborasi kebaikan bersama Kitabisa dengan Dinas Sosial Kota Magelang. Acara dikemas dengan kegiatan penyuluhan menuju lansia hebat yang diikuti 100 lanjut usia potensial dari keluarga pra sejahtera/dhuafa dan 100 pendamping/anggota keluarga lansia serta penyerahan paket sembako kepada lansia.

Hadir pada acara Walikota Magelang, dr. H. Muchamad Nur Azis, Sp.PD.,KGH-FINASIM, Wakil Walikota Magelang Drs. K.H.M. Mansyur, M.Ag, Kepala OPD terkait, Camat dan Lurah se Kota Magelang. Acara diawali penyerahan secara simbolis bantuan paket sembako dari Kitabisa kepada Walikota Magelang dilanjutkan penyerahan secara simbolis bantuan paket sembako dari Walikota Magelang kepada para lansia.

Kegiatan ini mengusung tema HKSN tahun 2022 “Bangkit Bersama Membangun Bangsa”.
Tema ini memiliki makna khusus, yaitu sebagai cerminan dari kebangkitan bersama rakyat Indonesia dalam menghadapi berbagai permasalahan yang melanda, seperti pandemi dan bencana alam. Dengan adanya kesetiakawanan, Indonesia dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Sebagai narasumber penyuluhan adalah dr. Nofi Ahyani, Direktur RSU Budi Rahayu Kota Magelang dengan materi Kiat Lansia Tetap Sehat, dalam paparan menyampaikan informasi,  motivasi dan edukasi kepada peserta tentang bagaimana mewujudkan lansia sehat.

“Menjadi Lansia adalah suatu proses alamiah dan tidak bisa kita hindari tetapi kita bisa memilih untuk menjadi lansia hebat yang sehat dan produktif. Kiat untuk mengupayakan lansia tetap sehat dengan upaya menjaga pola makan sehat, tetap aktif bergerak, menjaga berat badan tetap ideal, memastikan istirahat yang cukup, bersosialisasi dan bergabung dengan komunitas, rutin cek kesehatan, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan”.

Kepala Dinas Sosial Kota Magelang, Bambang Nuryanta,S.E.,M.M menyampaikan bahwa  momentum peringatan HKSN adalah membangkitkan kembali rasa kesetiawakanan sosial, melestarikan esensi nilai kesetiakawanan sosial, serta mendorong tumbuhnya sikap tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, tanpa diskriminasi.

HKSN sudah dirayakan secara nasional sejak tahun 1958. Dulunya, HKSN dikenal dengan nama Hari Sosial dan Hari Kebaktian Sosial. Hari tersebut kemudian diganti menjadi HKSN pada 1983. Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Desember. Hari peringatan ini dipelopori sejak 1949, ketika NKRI sadar akan perlunya pemulihan kehidupan sosial pasca Agresi Militer Belanda II.

Selanjutnya ada tujuh makna HKSN yang dirayakan setiap 20 Desember, yaitu :

  1. Mewujudkan masyarakat yang saling peduli, berbagi, dan bertoleransi.
  2. Membantu menyadarkan masyarakat tentang pentingnya rasa peduli sesama, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan.
  3. Menguatkan nilai-nilai budaya sebagai wujud jati diri bangsa, mulai dari budaya tolong menolong, pertemuan sosial, gotong royong, dan keswadayaan sosial.
  4. Meningkatkan kesadaran warga untuk berkontribusi dalam segala aktivitas berbau kesejahteraan sosial.
  5. Menumbuhkan kesadaran serta memperkuat rasa empati terhadap masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), misalnya: orang terlantar, lansia, penyandang disabilitas, anak putus sekolah, fakir miskin, dan lain-lain.
  6. Membangkitkan PSKS (Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial) dan stakeholder dari masyarakat sekitar agar bisa menggerakan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial.
  7. Menumbuhkan kesadaran dunia usaha, instansi, dan swasta, dalam terlibat dan bisa membantu pelaksanaan kesejahteraan sosial.

Logo Tema Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022 mencerminkan semangat pembaruan, bangkit bersama untuk membangun bangsa. Adapun makna dari logo HKSN 2022 adalah:

  1. Orang Bersorak : Melambangkan masyarakat Indonesia menyemarakan hari kesetiakawanan sosial nasional dengan suka cita.
  2. Empat Orang Berkumpul Bersama : Sebagai makna solidaritas dan kebersamaan masyarakat Indonesia yang saling berkumpul satu sama lain untuk #Bangkit Bersama Membangun Bangsa#
  3. Ceklis dan Bulat : Menandakan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang dilaksanakan bersama-sama dengan tujuan kebenaran dan kebaikan.

Momentun HKSN adalah semangat baru dalam memberikan layanan kepada masyarakat di Kota Magelang, dengan peran pemerintah daerah melalui program kesejahteraan sosial bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) didukung sinergitas, kolaborasi Perangkat Daerah terkait, Pilar-Pilar Sosial serta elemen masyarakat dapat mewujudkan masyarakat yang “MAJU, SEHAT DAN BAHAGIA”.

(Dwi Ambar Pratiknyo,S.Sos,MPSSp/Penyuluh Sosial Ahli Muda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *