Rabu, 28 September 2022, bertempat di Rumah Jabatan Walikota Magelang SDM Program Keluarga Harapan (PKH) bersama Sekretaris Dinas Sosial Kota Magelang, Drs. Hadi Sutopo didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial beserta jajaran berkesempatan beraudiensi dengan Walikota Magelang, dr. H. Muchamad Nur Aziz,Sp.PD-KGH.

Pada kesempatan kali  ini, Bapak Walikota Magelang berkeinginan mengenal SDM PKH, dan mengetahui kegiatan SDM PKH dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kota Magelang.

Selanjutnya koordinator PPKH Kota Magelang, Taufik Hendra Wicaksono, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan SDM PKH diantara lain meliputi verifikasi dan validasi, pemutakhiran data, FDS (Family Development Session) atau P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) dan verifikasi kehadiran dalam kegiatan Pendidikan dan Kesehatan.

Salah satu kegiatan verifikasi kehadiran di bidang Pendidikan dimaksudkan apabila KPM PKH memiliki komponen Pendidikan (anak sekolah) harus memenuhi 85% absensi di sekolah. Sedangkan untuk verifikasi Kesehatan meliputi kegiatan puskesmas diantaranya kegiatan posyandu bagi anak usia dini dan ibu hamil.

Arahan Bapak Walikota diantaranya terkait upaya dalam melakukan pengentasan kemiskinan di Kota Magelang. Bahwa angka kemiskinan di Kota Magelang Tahun 2020 mencapai prosentase 7,58 % atau sekitar kurang lebih 9.300 Kepala Keluarga. (Sumber: BPS, Survei Sosial Ekonomi Nasional, Maret 2020).

Harapan beliau untuk angka kemiskinan tersebut harus dapat diturunkan dan keluarga miskin  harus segera  dientaskan dari rantai kemiskinan, data penerima manfaat harus di cek ulang untuk memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar sesuai dengan kriteria kemiskinan, serta SDM PKH agar bekerja dengan tulus ikhlas dan amanah dalam mengemban tugasnya agar nanti di akhirat kelak dapat dipertanggung jawabkan.

(Meutia Aviva Pratiwi, S.Psi / Pendamping PKH Kota Magelang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *