Sumber Daya Manusia PKH terdiri dari pendamping dan administrasi pangkalan data melaksanakan verifikasi dan validasi data kemiskinan dengan aplikasi SIKS Mobile. Aplikasi merupakan media pendataan target survei Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Pelaksanaan verifikasi dan validasi data ini dilaksanakan dari tanggal 3 s/d 7 Oktober 2022 di 14 kelurahan yang tersebar di 3 Kecamatan. Untuk Kecamatan Magelang Utara meliputi Kelurahan Kramat Selatan, Kelurahan Kedungsari, Kelurahan Kramat Utara, Kelurahan Potrobangsan.

Sedangkan wilayah Kecamatan Magelang Tengah meliputi Kelurahan Gelangan, Kelurahan Kemirirejo, Kelurahan Magelang, Kelurahan Panjang, Kelurahan Cacaban dan Kelurahan Rejowinangun Utara. Selanjutnya wilayan Magelang Selatan meliputi Kelurahan Magersari, Kelurahan Rejowinangun Selatan, Kelurahan Jurangombo Utara, Kelurahan Jurangombo Selatan.

Aplikasi SIKS Mobile secara operasional mempermudah pendamping dalam melaksanakan tugas pendataan, meliputi : assessment Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), verifikasi data, pelaporan bencana, survei bantuan sosial, serta pelaporan kondisi lapangan secara realtime dilengkapi detail titik kooordinat lokasi PPKS.

Masing-masing pendamping maupun administrasi pangkalan data sebagai petugas yang ditunjuk mempunyai user untuk mengakses aplikasi tersebut dalam melakukan kunjungan lapangan serta memasukkan data-data yang diperlukan untuk melengkapi By Name By Adresse (BNBA) yang sudah terinput di SIKS Mobile.

Selanjutnya proses verifikasi dan validasi dilakukan untuk memastikan keberadaan PPKS yang  masuk dalam data kemiskinan apakah sesuai dengan tempat tinggal, alamat, data kependudukan, pindah alamat, sudah meninggal dunia dan yang telah mampu.

Data awal kegiatan verifikasi dan validasi data berjumlah 445 sasaran dengan hasil pelaksanaan 100% dari data telah diverifikasi semua. Hasil data tersebut diharapkan dapat diolah dan dijadikan basis data yang bisa digunakan dalam pemberian bantuan oleh berbagai program-program pemerintah, khususnya Kementerian Sosial sesuai peraturan dan mekanisme penyaluran bantuan yang ada.

Proses verifikasi dan validasi data telah dilaksanakan 100%, namun tidak dipungkiri dalam prosesnya tentu ditemui kendala-kendala yang dihadapi oleh SDM PKH terutama kendala cuaca, tidak semua PPKS mau disurvei dan kendala teknis aplikasi yang tidak stabil sehingga harus menunggu maupun mengulangi proses pendataan.

Secara umum dengan dukungan SDM PKH yang profesional, kerjasama tim dan dukungan stakeholder terkait pelaksanaan verifikasi dan validasi data kemiskinan dapat berjalan dengan baik.

(Miranti Dwi Mei Sabtiana, S.Pd/Pendamping PKH Kota Magelang )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *