Rabu, 7 September 2022 berlokasi di Dumpoh Kelurahan Potrobangsan, Pendamping PKH mengadakan pertemuan kelompok yang diikuti 28 KPM. Pada sesi ini disampaiakan materi Modul Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha dengan sub bahasan  Mengelola Keuangan Keluarga.

Kegiatan FDS disajikan proses belajar mengenai cara menyeimbangkan pengeluaran dan pendapatan melalui pemutaran video edukasi dan dilanjutkan diskusi kelompok. Di sela-sela kegiatan, pendamping PKH juga memberikan ice breaking agar KPM tetap fokus dalam kegiatan tersebut.

FDS merupakan salah satu bisnis proses PKH yang dilakukan dengan memberikan materi-materi penguatan keluarga melalui modul yang bertema kehidupan sehari-hari.   FDS juga sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan PKH untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 

Output hasil pembahasan dalam FDS dituliskan dalam notulensi kegiatan pertemuan kelompok, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi pendamping maupun peserta dikemudian hari.

Esensi dari mengelola keuangan keluarga merupakan keterampilan dasar yang perlu dimiliki setiap rumah tangga, terutama rumah tangga miskin. Umumnya masalah mereka adalah lebih besarnya pengeluaran dibanding dengan pendapatan, serta tidak teraturnya jumlah dan waktu penerima pendapatan.

Pengelolaan keuangan membantu mereka untuk lebih terampil mengatur prioritas penggunaan uang agar pengeluaran bisa seimbang dengan pendapatan, sehingga kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

Kedepan proses pembelajaran FDS diharapkan mampu meningkatkan kualitas KPM dalam memahami cara mengelola keuangan yang baik  serta solusi dalam peningkatan kesejahteraan sosial KPM PKH.

(Andini Widyaningsih, S.Pd/Pendamping PKH Kota Magelang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *