Jumat, 9 September 2022, Pendamping PKH melaksanakan monitoring penyaluran Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) yang disalurkan di Kota Magelang.

BLT BBM merupakan program bantuan sosial yang disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial dan PT. Pos Indonesia sebagai “program bantuan sosial yang diberikan secara tunai kepada keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam DTKS dan terdampak kenaikan BBM”.

Sesuai regulasi di lingkungan Kementerian Sosial, pelaksanaan penyaluran BLT BBM dilaksanakan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Nomor 158/HK.01/8/2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Bantuan Sosial Tunai Bahan Bakar Minyak Periode September, Oktober, November, Desember Tahun 2022.

Sasaran BLT BBM adalah keluarga miskin yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Penerima Program Sembako (BPNT), Penerima Porgram Keluarga Harapan (PKH) dan Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Non Sembako (BPNT).

Sebagaimana diketahui bahwa DTKS merupakan data induk yang berisi data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), penerima bantuan, dan pemberdayaan sosial serta Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Penyaluran BLT BBM tahap pertama di Kota Magelang dilaksanakan dari tanggal 8 September 2022 hingga 10 September 2022 oleh PT. POS Indonesia bekerjasama dengan Dinas Sosial, Kecamatan, Kelurahan dan stakeholder terkait dengan jumlah penerima 8.866 KPM.

Adapun jadwal penyaluran BLT BBM sebagai berikut :

  1. Kamis, 8 September 2022 : Kelurahan Kramat Utara, Kelurahan Jurangombo Selatan, dan Kelurahan Jurangombo Utara
  2. Jumat, 9 September 2022 : Kelurahan Panjang, Kelurahan Kedungsari, Kelurahan Kramat Selatan, Kelurahan Kemirirejo, Kelurahan Potrobangsan, Kelurahan Wates, dan Kelurahan Rejowinangun Utara
  3. Sabtu, 10 September 2022 : Kelurahan Magersari, Kelurahan Gelangan, Kelurahan Tidar Utara, Kelurahan Rejowinangun Utara, Kelurahan Cacaban, Kelurahan Rejowinangun Selatan, Kelurahan Tidar Selatan, dan Kelurahan Magelang

Peran serta Dinas sosial Kota Magelang didukung oleh Pendamping PKH melaksanakan monitoring untuk memastikan kelancaran penyaluran dan mediasi permasalahan yang ada.

Secara umum pelaksanaan penyaluran BLT BBM di Kota Magelang berjalan dengan lancar dan kondusif dengan peran serta dan kesadaran masyarakat penerima manfaat bahwa bantuan sosial ini esensinya sebagai dukungan pemenuhan kebutuhan dasar karena dampak kenaikan BBM yang diberikan oleh Pemerintah.

(Revianti Primastuti, S.Tr.Sos /Pendamping PKH Kota Magelang)