Kamis, 22 September 2022, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial dan jajaran menyalurkan bantuan logistik bagi korban angin kencang kepada Keluarga Zen Amrodin, warga Botton Kopen RT 001 RW 007 Kelurahan Magelang.

Bantuan logistik yang bersumber dari APBN dan APBD, meliputi : makanan siap saji, air minum kemasan, peralatan dapur keluarga, kasur, matras, selimut, tenda gulung, perlengkapan lansia, peci, sajadah dan sembako (beras, mie instan, telur, gula pasir, teh, minyak goreng).

Penyaluran bantuan ini merupakan upaya perlindungan sosial yang diarahkan untuk mencegah dan menangani risiko dari guncangan dan kerentanan sosial bagi korban bencana. Selanjutnya baik pada saat dan pasca kejadian bencana, peran serta relawan sosial yang tergabung dalam Taruna Siaga Bencana (TAGANA) secara aktif melaksanakan evakuasi dan dukungan tenaga bersama stakeholder terkait yang dikoordinasikan BPBD Kota Magelang dalam membantu meringankan penderitaan korban bencana.

Kejadian bencana yang disebabkan oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia, tidak dipungkiri bisa terjadi suatu saat dalam kondisi apapun dan dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Perlindungan sosial bagi korban bencana alam dan sosial merupakan salah satu amanah dalam memberikan pelayanan minimum bagi korban bencana yang dilaksanakan Dinas Sosial. Berbagai upaya kesiapsigaan dalam mengurangi resiko dampak bencana juga telah dilakukan jajaran Pemerintah Kota Magelang, melalui : edukasi mitigasi bencana, peningkatan kapasitas masyarakat dalam penanggulangan bencana dan penyaluran bantuan yang sinergi antara BPBD, Dinas Sosial, Disperkim, PMI, BAZNAS serta sumber lainnya.

Pemerintah Kota Magelang senantiasa mengerahkan seluruh potensi penanggulangan bencana dalam upaya mengurangi resiko dampak bencana termasuk keberlangsungan kehidupan korban bencana.

(Dwi Ambar Pratiknyo,S.Sos,MPSSp/Penyuluh Sosial Ahli Muda)
(Ibnu Tri Santoso, S.Sos.,MM/Pekerja Sosial Ahli Muda)