Senin – Selasa, 20 – 21 Desember 2021, bertempat di Bank Mandiri Cabang Magelang, 49 (empat puluh sembilan) anak yatim dan yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19 yang tersebar di 17 kelurahan di Kota Magelang menerima bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial melalui Balai Antasena Magelang.

Penyaluran secara simbolis dilaksanakan oleh Tim ATENSI Balai Antasena yang diwakili Arif Nur Hidayat, S.ST.,MAP selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Perwakilan Bank Mandiri, dihadiri Kepala Dinas Sosial Bambang Nuryanta, S.E.,M.M didampingi Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial dan Pemberdayaan Sosial, Pendamping Rehabilitasi Sosial, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Sesuai arahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini Kementerian Sosial akan memberikan bantuan bagi anak-anak yatim dan yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena terpapar Covid-19. Sebelumnya telah dilakukan pendataan dan assesmen kebutuhan yang dilakukan oleh Pendamping Rehabilitasi Sosial bekerjasama dengan Balai Antasena, Dinas Sosial Provinsi,  TKSK dan PSM.

Bantuan program ATENSI “YAPI” diberikan kepada 42 anak yang masih sekolah dengan besaran bantuan Rp 200.000,- per bulan dan 7 anak yang masih dibawah usia lima tahun dengan besaran bantuan Rp 300.000,- per bulan. Selanjutnya bantuan disalurkan untuk 4 bulan yaitu bulan September sampai dengan Desember 2021.

ATENSI bertujuan mendukung pemenuhan kebutuhan hidup layak, memperkuat tanggung jawab orang tua dalam memenuhi hak anak dan meningkatkan aksesibilitas serta mempertahankan kelangsungan hidup secara normal.

Anak yatim dan yatim piatu di Kota Magelang adalah anak bangsa yang ditinggal ayah, ibu maupun keduanya lantaran terpapar Covid-19 yang harus dilindungi, melalui ATENSI sebagai layanan rehabilitasi sosial yang menggunakan pendekatan berbasis keluarga, komunitas,  atau residensial dengan dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak, dukungan keluarga, bantuan sosial, dan dukungan aksesibilitas akan memberikan harapan baru bagi masa depan anak-anak.

ATENSI merupakan wujud kehadiran Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial dalam memberikan layanan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) khususnya anak-anak. Pasca Covid-19, pemerintah selalu hadir memberikan dorongan melalui berbagai program dan pendekatan dalam membantu masyarakat kelompok rentan agar tetap bangkit.

Skema ATENSI inilah yang dapat diimplementasikan dalam memberikan layanan rehabilitasi sosial dasar di daerah. Dengan dukungan semua pihak anak yatim dan yatim piatu di Kota Magelang semakin sejahtera dalam meraih masa depan mereka, terpenuhi kebutuhan dan hak-hak dasarnya.

Dwi Ambar Pratiknyo,S.Sos,MPSSp (Penyuluh Sosial Ahli Muda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *