Wujud kepedulian terhadap lingkungan adalah dengan berbagi. Salah satunya adalah kegiatan Jumat Berbagi yang diprakarsai oleh SDM Program Keluarga Harapan (PKH) dan didukung sepenuhnya oleh Kepala Dinas Sosial Kota Magelang, Wulandari Wahyuningsih beserta seluruh pegawai dan karyawan karyawati.

Kegiatan ini dilakukan dengan menyediakan nasi bungkus yang dipesankan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH sebagai salah satu upaya untuk memberdayakan keterampilan memasak KPM. Pemesanan juga dilakukan secara bergantian atau bergiliran agar semua KPM yang mempunyai keterampilan dan mempunyai usaha kuliner bisa turut serta dalam kegiatan yang rutin dilaksanakan seminggu sekali ini. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan KPM dan menumbuhkan stimulus agar KPM lainnya dapat memulai dan merintis usaha untuk menambah penghasilan demi tercapainya peningkatan kesejahteraan KPM tersebut.

Nasi bungkus lengkap dengan air mineral disediakan mulai pukul 06.30 WIB di depan kantor Dinas Sosial Kota Magelang sekaligus menjadi sekretariat PPKH Kota Magelang yang beralamat di Jl. Diponegoro No. 11A Kota Magelang. Dana yang digunakan berasal dari SDM PKH Kota Magelang dan seluruh pegawai serta karyawan karyawati Dinas Sosial Kota Magelang yang telah menyisihkan sebagian rejekinya baik berupa uang maupun nasi bungkus untuk selanjutnya diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan, diantaranya sopir dan kernet angkutan umum, tukang becak, ataupun siapa saja yang membutuhkan sarapan dan biasa melewati depan kantor Dinas Sosial di pagi hari

Jumat Berbagi telah dilaksanakan sebanyak 3 kali diawali di minggu pertama bulan Januari tahun 2020. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial dengan memberdayakan KPM PKH yang ada di kota Magelang.

Dalam kegiatan ini Kepala Dinas Sosial berpesan agar Jumat Berbagi terus bisa dilaksanakan dengan tertib tanpa mengganggu lalu lintas karena pelaksanaannya berbarengan dengan jam berangkat ke sekolah maupun ke kantor yaitu pada pukul 06.30-07.00 WIB. Kegiatan sederhana ini diharapkan bisa meningkatkan semangat kita untuk berbagi ke sesama. (Miranti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *