Penyerahan bantuan program ATENSI

Kamis, 7 Oktober 2021, bertempat di Aula Panti Asuhan Mayu Dharma Putra, tiga puluh satu penyandang disabilitas intelektual menerima bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kementerian Sosial melalui Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung.

Penyaluran secara simbolis diserahkan di kediaman penerima oleh Kepala BBRSPDI Kartini Rachmat Koesnadi, S.Sos.M.Si didampingi Tim ATENSI, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Bambang Nuryanta, S.E.,MM dan jajaran Dinas Sosial.

Bantuan program ATENSI yang disalurkan adalah paket dukungan pemenuhan kebutuhan dasar berupa : beras 50 kg, minyak goreng 5 bungkus, gula pasir 5 kg, susu 1 kotak dan madu 1 botol.

ATENSI bertujuan untuk mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar, melaksanakan tugas dan peranan sosial, serta mengatasi masalah dalam kehidupan.

Dukungan pemenuhan kebutuhan dasar adalah salah satu implementasi ATENSI untuk mewujudkan penyandang disabilitas mencapai keberfungsian sosialnya. Dukungan pemenuhan kebutuhan hidup layak adalah harapan bagi setiap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) terutama para penyandang disabilitas. Berbagai upaya pemerintah pusat dan daerah melalui program  pendekatan sudah diupayakan melalui  program ATENSI yang menyasar penyandang disabilitas.

Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu yang lama dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

Penyandang disabilitas intelektual sebagai seseorang yang memiliki keterbatasan tertentu dalam fungsi dan keterampilan kognitif, termasuk komunikasi, sosial dan perawatan sosial, membutuhkan peranan dan fungsi keluarga, masyarakat, lembaga pendidikan serta layanan rehabilitasi sosial dalam meningkatkan keberfungsian sosialnya.

Selain dukungan pemenuhan kebutuhan dasar, pada tahun 2020 program ATENSI BBRSPDI Kartini telah melaksanakan layanan asesmen komprehensif kepada 50 penyandang disabilitas intelektual, layanan home care kepada 15 penyandang disabilitas intelektual. Pada tahun 2021 memberikan layanan residensial kepada 4 penyandang disabilitas intelektual di Kota Magelang .

ATENSI sebagai komitmen bersama dalam mendukung kesejahteraan sosial bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Program ATENSI adalah wujud kehadiran pemerintah pusat dan daerah di tengah-tengah masyarakat Kota Magelang.

Bantuan program ATENSI yang disalurkan sangat mendukung Pemerintah Kota Magelang dalam meningkatkan layanan rehabilitasi sosial. Sinergitas dan kolaborasi dengan Kementerian Sosial akan terus ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kepada kelompok rentan. ( Dwi Ambar Pratiknyo,S.Sos,MPSSp / Penyuluh Sosial Ahli Muda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *