Rabu, 11 Januari 2023, Kementerian Sosial melalui Sentra Antasena Magelang melaksanakan penyaluran Bantuan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) kepada 7 penerima manfaat (kelompok rentan) dan 1 penyandang disabilitas. ATENSI yang disalurkan berupa bantuan uang (cash transfer) sebesar 1.200.000 kepada 7 penerima dan motor roda tiga kepada 1 penerima.

Penerima bantuan ATENSI merupakan dampingan dari Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Sehati Kota Magelang, selanjutnya bantuan ini dapat dimanfaatkan sebagai dukungan pemenuhan kebutuhan dasar, nutrisi, perlengkapan sekolah dan modal kewirausahaan. Sedangkan motor roda tiga bagi penyandang disabilitas diperuntukan sebagai sarana mobilitas dan dukungan kewirausahaan.

Kepala Dinas Sosial Kota Magelang, Bambang Nuryanta, S.E.,M.M dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Sentra Antasena yang telah melaksanakan kemitraan dengan Dinas Sosial Kota Magelang.

“Dukungan ATENSI dari Sentra atau Sentra Terpadu di lingkungan Kementerian Sosial banyak membantu kami dalam penanganan PMKS, serta membantu mencapai keberfungsian sosial individu, keluarga dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar, melaksanakan tugas dan peranan sosial, serta mengatasi masalah dalam kehidupan”.

Kelompok rentan dalam kluster PMKS adalah sasaran implementasi ATENSI baik yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial maupun Pemerintah Daerah. ATENSI akan dirasakan manfaatnya ketika terbangun komitmen bersama, kolaborasi, sinergitas dan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

(Dwi Ambar Pratiknyo,S.Sos,MPSSp / Penyuluh Sosial Ahli Muda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *